Jumat, 15 April 2011

wisata kuliner kota yogya

1. AYAM GORENG NY. SUHARTI


3209527638_8b6082ea78Ayam Goreng Ny. Suharti adalah rumah makan yang menjadi salah satu tujuan kuliner yang patut untuk dicoba di jogja. Lokasinya di pertigaan babarsari di jalan raya Solo - Jogja. Rumah makan yang memiliki gambar Nyonya Suhartinya itu asli milik Ny. Suharti, restoran ayam goreng dia yang pertama di Jogja. 
Rumah makan ini menyajikan ayam kampung muda sehingga jangan heran kalau ukurannya rada mini. Selain ayam, ada juga menu lain seperti tahu, tempe goreng dan ati ampela. Sayurnya bisa pecel, gado-gado, atau sayur asam. Lalapan juga ada.

Ada nasi gudeg dan soto sebagai alternatif jika ingin menu yang lain. Satu ayam utuh dihargai 55 ribu dan ini cukup disantap untuk empat orang. Kalau Anda datang berdua bisalah membeli separuh ayam saja, 38 ribu. Terus kalau mau makan sendiri ada menu paket dengan sepotong ayam, nasi dan sayur dengan harga 30 ribuan. Gado-gado dihargai 13 ribu dan sayur lodeh delapan ribu.

ayam-goreng-suharti  aym



2. AYAM PANGGANG MBAH PURWO


ayamgorengmbahpurwoAyam Panggang Mbah Purwo adalah ayam panggang langganan sosok almarhum Umar Kayam, dan sangat direkomendasikan oleh Pak Bondan Winarno dalam acaranya Wisata Kuliner. Ayam Goreng Mbah Purwo menjual ayam panggang Klatennya, ditempatkan dalam tenongan (semacam rantang besar terbuat dari kaleng).

Ayam panggang Mbah Purwo rasanya sangat khas, baunya yang harum dan aroma santannya "pasti" akan menggugah selera makan Anda. Sekarang ini hanya Mbah Purwo saja, yang tetap menjual ayam panggang Klaten ini dengan cara seperti aslinya. Ayam panggangnya Mbah Purwo dapat dari Nyonya Bien yang sudah beberapa puluh tahun membuat ayam panggang gagrak Klaten ini.
Alamat Ayam Panggang Mbah Purwo
Depan Toko Maju Jaya, Malioboro, Yogyakarta



3.SOP KAKI KAMBING PAK UDIN
sopkakikambingpakudin Sop Kaki Kambing Pak Udin memang sangat populer sekali di Jogja, setiap harinya selalu dipenuhi dengan para pelanggannya. Pada saat jam makan malam kadang-kadang Anda harus bersabar untuk mendapatkan tempat duduk, karena sangat ramainya pengunjung.
Sop kaki kambing Pak Udin lebih nikmat lagi jika disantap dikala cuaca Jogja sedang dingin, karena hangat dari kuah Sop kaki kambing Pak Udin akan membikin badan Anda hangat. Aroma kuah dari sop kaki kambing Pak Udin memang berbeda dari sop kaki kambing di tempat lain. Bagi Anda pecinta makanan berkolesterol tinggi, disinilah tempatnya! Tapi ingat, jangan sampai kebanyakan bisa-bisa kesehatan Anda bisa terganggu nantinya.
Kontak Alamat dan Nomer Telepon Sop Kaki Kambing Pak Udin
Jl. Teuku Cik Ditiro, Yogyakarta
Telepon : 0818469508



4.GUDEG YU DJUM


gudeg2ou8Gudeg Yu Djum yang terletak di Jalan Kaliurang ini, sangat terkenal di Yogyakarta. Gudeg Yu Djum disajikan dengan porsi besek ataupun kendil. Sedangkan isi dari Gudeg Yu Djum sendiri adalah Gudeg manis, Krecek, Daging Ayam Bacem, dan Telur. Anda juga dapat memilih sendiri sesuai dengan porsi Anda.

Kontak Alamat dan Nomer Telepon Gudeg Yu Djum
Jl. Kaliurang Km 4,5 Karang Asem CT III/22 Yogyakarta 55281
Jl. Kaliurang Km 4,5 Gang Srikaton No. 2 Yogyakarta 55281
Telepon : (0274) 515968, 7830505


gudeg1ot9  gudegyudjum



5. GUDEG PAWON


2626852260_ca7b621613Gudeg Pawon ini sudah ada semenjak tahun 1952. Nama Pawon diambil dari bahasa jawa dari kata "Dapur", juga karena menu gudeg yang disajikan langsung dari dapur, tempat dimana gudegnya dimasak. Gudeg Pawon termasuk masakan gudeg kering, gudegnya berwarna coklat kemerahan karena disiram areh (santan kental yang sudah dibumbui).

Di Gudeg Pawon juga menyediakan pelengkapnya bermacam-macam seperti ayam, telur, tahu, dan sambal goreng krecek. Anda harus bersabar sedikit karena peminat Gudeg Pawon ini sangat banyak karena sudah cukup terkenal di Yogyakarta.
  
Alamat Gudeg Pawon
Gudeg Pawon I
Jl. Dr. Soepomo, Yogyakarta

Gudeg Pawon II
Jl. Janturan, Yogyakarta



6. DEPOT KLUWAK


depotrawon1Depot Kluwak menyediakan makanan Jawa dengan yang resepnya sudah turun temurun, menu makanan yang harus Anda coba tentu adalah Nasi Rawonnya, karena rasanya enak dan harum. Menu selain nasi rawon, antara lain: Nasi Brongkos, Terik Daging, dan Salad Solo.

Depot Kluwak juga menyediakan beberapa minuman, seperti: Teh Gula Batu, Jahe Gula Batu, Jahe Susu Gula Batu, Teh Jahe Gula Batu, dan Juice Buah Segar. Depot Kluwak juga menerima pesanan untuk acara arisan, gathering, dan event-event special lainnya, juga menyediakan jasa delivery service.  
depotrawon2  depotrawon3

Kontak Alamat dan Nomer Telepon Depot Kluwak
Jl. Gadjah Mada 30 A Yogyakarta
Telepon : (0274) 544462

7. BALE RAOS
200803310408_Bale-Raos-1
Bale Raos, Royal Cuisine Restaurant adalah salah satu dari sedikit restoran yang menyajikan masakan kesukaan Sultan Yogyakarta, dari masakan favorit Sultan Hamengkubuwono VII sampai ke Sultan Hamengkubuwono X. Semua bahan untuk masakan tersebut berasal dari ramuan-ramuan dan rempah-rempah tradisional.

Bale Raos, Royal Cuisine Restaurant terletak di seputar Kraton Yogyakarta, dalam nuansa arsitek Jawa, bangunan Joglo yang berdiri dengan agung, serta aura Kraton yang kental menambah anda semakin menikmati hidangan di Bale Raos. Bale Raos Restoran mempunyai kapasitas indoor 80 seat yang terbagi di dua joglo serta kapasitas sampai 200 seat dalam bentuk kombinasi indoor dan out door party, dengan opening hour adalah jam 09.30 - 21.30 WIB (kecuali hari senin buka 09.30 - 15.00 WIB).

Sajian hidangan di Bale Raos dapat dinikmati secara : A'la Carte, buffet lunch or dinner, Sajian set menu (full serve waiters), dan Jamuan riztaffel yang anggun. Selain menikmati hidangan yang khas, pada hari-hari tertentu dapat dihadirkan live gamelan dan tarian jawa klasik (beksan), dan setiap Sabtu malam Bale Raos menyajikan live performance musik keroncongan. Juru masak yang terlatih akan menyuguhkan hidangan bercita rasa tinggi yaitu masakan favourite dari Sri Sultan Hamengku Buwono VII sampai ke Sultan Hamengku Buwono X, serta berbagai hidangan keluarga Kraton Yogyakarta.

Bale Raos merupakan pilihan tepat untuk berbagai acara baik formal maupun non formal. Antara lain acara keluarga, menjamu relasi, gathering, private party, maupun sebagai tempat wisata kuliner yang khas dan authentic. Sajian menu-menu authentice dari Kraton Yogyakarta, antara lain : Bebek Suwir Suwir (Menu khusus kraton Yogyakarta, terbuat dari irisan daging bebek yang disajikan dengan irisan nanas goreng dan saus kedondong parut), Semur Piyik (Hidangan unik terbuat dari olahan burung dara), Urip Urip Gulung (Ikan lele fillet yang digulung kemudian dipanggang disajikan dengan saus mangut), Sanggar (Menu asli dari Kraton Yogyakarta yang dibuat dari irisan daging sapi dengan bumbu rempah yang dipanggang dengan saputan kelapa dan dijepit dengan bilah bambu), Soup Timlo (Soup jawa klasik kombinasi rasa jahe dan kecap serta paduan aneka bahan), dan Beer Jawa (Minuman asli dari Kraton Yogyakarta yang dibuat dari berbagai ramuan seperti jahe, kayu secang, cengkeh, jeruk nipis, dll.).

Aneka menu eksotik di Bale Raos : Kambing Panggang, Bestik Lidah (Variasi sajian bestik lidah sapi dengan saus kental disajikan dengan kentang ongklok dan serces - sejenis stoop sayuran favourite Sri Sultan HB- IX), Bestik Jawa (Sapi giling dengan kuah semur manis disajikan bersama dengan pure kentang dan sauted sayuran), dan Bebek Ungkep Goreng (Hidangan bebek yang diungkep dalam gula merah dengan bumbu-bumbu dan digoreng dengan rasa manis). Harga minuman sekitar : Rp. 5.000 - Rp. 11.000 dan harga makanannya sekitar : Rp. 13.500 - Rp. 35.000

Kontak Alamat dan Nomer Telepon Bale Raos, Royal Cuisine Restaurant

Jl. Magangan Kulon No.1 Kraton Yogyakarta (dekat Pasar Ngasem)
Telepon / Fax : (0274) 415550

8. BEBEK DAN AYAM GORENG PAK NDUT

bebek-gorengBebek dan Ayam Goreng Pak Ndut ini adalah asli dari Kartasura yang membuka cabang di Yogyakarta, yang istimewa dari warung makan ini selain menu bebek dan ayam gorengnya adalah sambel korek istimewanya. Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut ini buka dari pukul 08.30 sampai dengan pukul 22.00. Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut juga bisa menerima pesanan.



Kontak Alamat dan Nomer Telepon Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut

Jl. C. Simanjuntak No. 29, Terban, Yogyakarta
Telepon : (0274) 6664426

3 komentar:

  1. Balasan
    1. Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan nomor togel dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEU di 0823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

      Hapus
  2. bagus infonya
    Ijin berbagi, baca juga diIni Daftar Kuliner Khas Klaten yang Harus Anda Coba
    ada juga info seputar pantai indah di Jogja

    BalasHapus