Sabtu, 23 April 2011

candi ratu boko

Candi Ratu Boko

(Queen Boko Temple) adalah situs arkeologi yang terletak di antara bukit, disebut Bukit Boko. Situs ini terletak di 196 m di atas permukaan laut.
Pada titik tertinggi di situs ini, ada paviliun kecil dimana Anda dapat melihat panorama candi Prambanan dengan Gunung Merapi sebagai latar belakang. Candi Boko terletak kurang lebih 3 kilometer ke arah Timur dari kompleks Candi Prambanan ke arah Piyungan (lihat peta di bagian bawah).
Nama “Boko” itu sebenarnya berasal dari raja legendaris, Raja Boko, disebutkan dalam cerita rakyat Loro Jonggrang. Candi yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, keturunan Wangsa Syailendra.


Meskipun situs tersebut diduga dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, namun situs yang sebenarnya dibangun masih misteri sampai sekarang.
Di masa lalu, situs ini dibangun sebagai tempat meditasi untuk keluarga kerajaan. Situs ini dibagi menjadi empat bidang utama: tengah, timur, barat dan timur selatan.
Di tengah, Anda akan menemukan gerbang utama situs, sebuah gerbang tinggi 3 meter yang berbatasan dengan situs daerah luar.







Memasuki gerbang utama, Anda akan menemukan halaman yang luas yang terdiri dari 2 candi, Candi Batu Putih (White Rock Temple) yang terbuat dari batu kapur putih dan Candi Pembakaran (Burning Temple) yang berfungsi sebagai krematorium untuk membakar mayat.



Hanya beberapa meter dari Candi Pembakaran, terletak kolam pemandian suci, yang diyakini dapat membawa keberuntungan bagi mereka yang berendam di sana. Kolam ini digunakan oleh Hindu untuk melakukan ritual Tawur Agung.
 Secara umum obyek wisata ini bisa dijadikan alternatif bila anda berada dekat dengan obyek wisata utama candi prambanan dan candi candisewu, karena letaknya yg tdk begitu jauh....oya untuk yg mencari lokasi foto pre-wedding, candi ratu boko ini sangat reccomended, karena pemandangannya lumayan bagus ditambah bangunan2 candi yg menambah kental suasana old-fashionnya......

2 komentar:

  1. I was in Jogja in 2004 and had visited Candi Borobudur and Candi Prambanan but I havent been to the beaches. I like all your photos of the beaches..Very beautiful!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan nomor togel dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEU di 0823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

      Hapus